Mengenal Microsoft Office

Mengenal Microsoft Office

Microsoft Office adalah sekumpulan (paket) perangkat lunak buatan Microsoft yang umum terdiri dari Microsoft Word, Micrososft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Acces, Microsoft Outlook, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya, namun kelima aplikasi tersebut dalam setiap perilisan Microsoft Office terbaru selalu ikut serta.

Microsoft Office merupakan aplikasi perkantoran dan dirancang khusus untuk berjalan di bawah sistem operasi Windows.

Dalam sejarahnya Microsoft Office secara resmi di rilis tahun 1990 tepatnya pada tanggal 19 November 1990 yang dikenal dengan Microsoft Office 1.0 (MS Office 1.0). (sumber: https://id.wikipedia.org)

Microsoft Office

Dan hingga kini saat postingan ini di buat, Microsoft Office sudah mencapai versi MS. Office 2016 yang di rilis pada 22 September 2015 lalu.

Secara umum bagi masyarakat terutama di Indonesia paket aplikasi Microsoft Office yang banyak dikenal adalah Microsoft Word (MS. Word), Microsoft Excel (MS. Excel), Microsoft PowerPoint (MS. PowerPoint), Microsoft Acces (MS. Acces), dan Microsoft Outlook, dimana setiap aplikasi memiliki fungsi yang berbeda untuk memudahkan pengguna dalam pengelolaan data, berikut beberapa uraian singkat dari ke lima aplikasi Microsoft Office tersebut.

# Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata milik Microsoft dan sebagian besar masyarakat di dunia mengenalnya dengan sebutan Ms. Office Word, namun pada Microsoft Office 2013 Ms. Word beralih nama dengan sebutan yang cukup simple yaitu Word.

Microsoft Word umumnya digunakan untuk membuat dokumen, surat, buku, juga bisa digunakan untuk membuat formulir, menciptakan sebuah laporan atau sejenisnya.

# Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Excel adalah aplikasi lembar kerja spreadsheet yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik, sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro dan merupakan aplikasi spreadsheet paling banyak digunakan hingga saat ini.

Microsoft Excel digunakan untuk pengolahan data berupa angka dan pengolahan akuntan, administrasi atau pun untuk pengolahan grafik, dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan untuk menentukan nilai kelulusan sebuah hasil test.

# Microsfot PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi untuk membangun dan menjalankan program presentasi dan umumnya digunakan oleh tutor, dosen, guru, mahasiswa, maupun presentasi di perusahaan.

# Microsoft Acces

Microsoft Access (MS. Access) adalah sebuah aplikasi basis data komputer yang biasa digunakan untuk membanguna sebuah Database, dan juga untuk membangun sebuah aplikasi sederhana di dunia akuntan dan lainnya yang mendukung teknik-teknik pemrograman sederhana.

# Microsoft Outlook

Microsoft Outlook (MS. Outlook) adalah aplikasi yang berguna untuk akses kotak surat, membaca dan mengirim surat elektronik (email).

Itu beberapa fungsi aplikasi paket yang terdapat di Microsoft Office, selain aplikasi-aplikasi di atas aplikasi yang terdapat pada paket Microsoft Office juga berbeda di dalam setiap versinya.

Apa untungnya belajar Microsoft Office?

Berbicara keuntungan dari belajar Microsoft Office ada banyak, namun beberapa contoh yang umum di kalangan masyarakat kita bisa dengan mudah membuat surat, makalah, tugas sekolah, membuat buku, undangan, dan sebagainya.

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan yaitu tidak perlu lagi menyuruh orang lain untuk mengetikkan surat yang ingin kita buat, mengerjakan tugas sekolah akan lebih mudah tanpa harus menunggu teman untuk mengetikkan tugas atau membayar orang lain.

Seandainya kita ingin melamar sebuah pekerjaan terutamanya di instansi perkantoran tentu saja untuk saat ini banyak yang mengutamakan karyawan yang mahir dalam pengoperasian microsoft office.

Bahkan jika kita sudah mahir microsoft office kita bisa membuka rental komputer dan jasa pengetikan bahkan bisa juga membuka usaha kursus komputer khususnya microsoft office.

Sulit gak sih belajar Microsoft Office?

Kalau soal sulit dan tidaknya itu sih tergantung dari kita masing-masing, setiap orang memiliki bakat masing-masing, namun tergantung seberapa besar usahanya untuk mengejar bakat tersebut.

Jika ada kemauan dan usaha pasti hasil tidak akan menghianatinya.

Jangan berfikir tidak bisa karena tidak ada guru, banyak yang sudah terbukti hanya dengan mengandalkan buku atau belajar melalui media online seperti memanfaatkan google berhasil membangun usaha tanpa latar belakang pendidikan yang tinggi.

3 Aplikasi Office yang sering di gunakan di perkantoran :

Dari banyaknya paket aplikasi yang disertakan dalam Microsoft Office, hanya ada beberapa aplikasi yang paling sering digunakan dan umumnya oleh pengguna di Indonesia, yaitu Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. PowerPoint.

Dengan bermodalkan mahir 3 aplikasi tersebut kita bisa menjalankan usaha, dan melamar pekerjaan di perkantoran.

Sekian dulu untuk pengenalan Microsoft Office, semoga membawa manfaat, dan untuk pembahasan berikutnya kita akan langsung pada praktik-praktik dalam penggunakan aplikasi Microsoft Office. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

# Komentar berisi link dan kata-kata tidak pantas akan dihapus.
# Gunakan komentar Anonymous secara bijak.