Mengatur Halaman di Word (page setup)

Mengatur Halaman di Word (page setup)

Sebelum melakukan pengetikan atau membuat sebuah dokumen di Microsoft Word, sebaiknya lakukan pengaturan halaman (page setup) atau mengatur ukuran kertas terlebih dahulu, agar nantinya hasil ketikan lebih teratur dan tertata rapi sesuai dengan lebar dan panjang kertas yang akan dipakai.

Mengatur ukuran kertas sebaiknya dilakukan sebelum melakukan pengetikan, karena hal ini penting untuk menentukan tata letak pada tulisan yang akan kita tulis nanti, namun begitu banyak yang melalukan pengaturan halaman (page setup) di akhir pengetikan, hal ini juga tidak menjadi masalah asal kamu sudah paham tentang pengaturan halaman di word.

Mengatur ukuran kertas sesudah pengetikan memang tidak menjadi masalah, namun saya sarankan sebaiknya dilakukan di awal pengetikan, untuk menghindari kesalahan ketika dokumen hendak di cetak (print).

Kali ini saya akan memberikan cara mengatur halaman (page setup) yang umum digunakan oleh pelajar, maupun di perkantoran.

Mengatur Halaman Word

Sebelum melakukan cara tersebut, saya akan memberikan saran pengaturan pada Microsoft Word yang kamu gunakan.

Sesudah melakukan penginstallan (pemasangan) baru Microsoft Office atau pertama kali kamu menggunakan Microsoft Office yang baru saja kamu install lakukan pengaturan berikut ini, pada contoh berikut saya menggunakan Microsoft Office 2010, intinya sama jika kamu menggunakan versi Ms. Office yang lain.

Buka Microsoft Word -- buka tab File -- Options -- akan muncul jendela Word Options -- pada tab General kamu bisa mengganti warna background word sesuai keinginan untuk menyesuaikan pandangan yang nyaman ketika melakukan pengetikan, silahkan pilih Color scheme: disana terdapat 3 pilihan Blue, Silver, dan Black, untuk pilihan ini saya biasa memilih Black supaya tidak terlalu silau ketika melakukan pengetikan diruang yang kurang cahaya.

Mengatur Halaman Word

Masih di jendela Word Options -- silahkan beralih pada tab Advanced -- geser kebawah di bagian Cut, copy, and paste -- pada Insert/paste picture as : pilih In front of text (ini bertujuan agar ketika memasukkan gambar/foto ke dalam dokumen bisa lebih leluasa memindah atau mengatur ukurannya).

Mengatur Halaman Word

Bergeser ke bawah pada bagian Show document content -- centang pada Show text boundaries (ini untuk memunculkan garis tepi pada halaman.

Bergeser ke bawahnya lagi pada bagian Display -- pada Show measurements in units of: ganti Inchi menjadi Centimeters (ini agar setiap pengaturan di dalam Word menjadi sentimeter semua, dan lebih umum digunakan di Indonesia), jika selesai klik tombol OK.

Mengatur Halaman Word

Pengaturan tersebut akan selalu tersimpan selama tidak ada perubahan lagi, setelah melakukan pengaturan tersebut setiap membuat dokumen baru tidak perlu melakukannya lagi.

Berikutnya kita akan mengatur ukuran kertas (page setup).

Pilih menu (ribbon) Page Layout -- Page Setup (klik di pojok kanan bawah, perhatikan gambar) -- pada bagian Margins kamu bisa mengatur jarak tulisan dengan tepi halaman, Top (batas atas), Bottom (batas bawah), Left (batas kiri), Right (batas kanan).

Bagian Orientation untuk memilih orientasi halaman, Potrait (berdiri) dan Landscape (miring).

Mengatur Halaman Word

Lanjut ke tab berikutnya Paper, pada Paper size: silahkan pilih ukuran kertas yang ingin kamu gunakan, berikut beberapa pilihan yang paling umum digunakan, A4 , letter (kuarto), HVS (jika tidak ada kamu bisa mengesetnya dengan ukuran Width = 21,59 cm dan Height = 33 cm dan klik tombol Set As Default atau OK, jika kamu memilih tombol Set As Default maka ketika membuat dokumen baru pengaturan tadi akan tetap dengan yang kamu sudah atur tadi, seperti Margin, Orientation, dan Paper size-nya.

Mengatur Halaman Word

Setelah melakukan pengaturan tersebut kini kamu bisa melanjutkan untuk melakukan pengetikan, demikian cara mengatur halaman (page setup) pada Microsoft Word, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

# Komentar berisi link dan kata-kata tidak pantas akan dihapus.
# Gunakan komentar Anonymous secara bijak.